Rabu, 19 September 2012

Sejarah es krim

Kali ini gue mau bahas yang enak-enak dan bisa menggoda iman(?) hahaha. Semua pasti sudah tau,makanan yang satu ini. Yap ice cream/es krim adalah makanan favorit anak-anak hingga dewasa. Mau tau sejarah ice cream? ini dia !!


Menurut sejarah, es krim telah dikenal sejak abad ke-4 sebelum masehi. Saat itu, Kaisar Nero dari Romawi memberi perintah untuk mengambil es dari pegunungan dan menghidangkannya dengan dihiasi buah-buahan.
Es krim dengan bentuk yang kita lihat sekarang pertama kali diperkenalkan oleh Kaisar Tang dari Dinasti Shang, China. Saat itu, sang Kaisar memerintahkan agar es dicampur dengan susu sapi dan tepung.  Semua bahan tersebut diaduk hingga menjadi krim.

Di Eropa, es krim diperkenalkan oleh Marcopolo. Mereka memproduksi mesin yang bisa membuat air menjadi beku. Karena listrik belum ditemukan,  mesin tersebut menggunakan minyak tanah. Hal itulah yang membuat es menjadi mahal sehingga hanya dikonsumsi oleh bangsawan.  Hingga abad ke-16, es krim adalah hidangan yang mewah.

Dahulu, di Italia, Fransesco Propopio dei Coltelli menjual es buah berupa strawberry sorbet dan es krim. Awalnya, orang-orang menganggap itu adalah makanan yang aneh. Namun semakin lama pembuatan es krim semakin meluas, dan sekarang Italia menjadi salah satu negara yang terkenal akan kelezatan  es krimnya.

Di Amerika, es krim adalah sajian orang-orang ternama seperti Presiden Amerika George Washington dan Thomas Jefferson. Saat ini, Amerika adalah negara yang masyarakatnya paling banyak mengonsumsi es krim. Rata-rata setiap orang menghabiskan 15-20 liter per tahun. Waw!

Sekarang Es krim sudah tersedia dalam berbagai rasa. Tinggal dipilih..dipilih..mau yang mana. Yummy.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar